ke asrian di air terjun sumber nyonya

Air Terjun Sumber nyonya
Tutur - pasuruan
sumber nyonya
     Desa wonosari atau lebih dikenal dengan sebutan nongkojajar merupakan sebuah desa yang terletak di kecamatan tutur kabupaten pasuruan jawa timur.Sebuah desa yang terletak di kaki gunung bromo serta memiliki potensi alam yang sangat eksotis.Mulai dari perkebunan apel yang sangat terkenal serta wisata alamnya yang mungkin jarang orang ketahui namun memiliki keindahan yang sangat memukau.Salah satunya adalah terdapat sebuah air terjun yang mungkin jarang orang ketahui namun memiliki panorama alam yang sangat alami yaitu air terjun sumber nyonya.

Air terjun sumber nyonya adalah sebuah air terjun yang terletak di dusun gunung sari kecamatan tutur kabupaten pasuruan.Air terjun ini memiliki tiga tingkatan aliran air terjun yang letaknya sangat berdekatan.Kondisinya yang sangat alami karena terletak di balik perbukitan hutan pinus membuat suasana air terjun sumber nyonya ini sangat alami.Konon menurut cerita warga sekitar,nama dari air terjun sumber nyonya ini di ambil dari sebuah kisah, dahulu terdapat seorang perempuan yang hidup di sekitar aliran sungai ini hingga akhir hayatnya sehingga air terjun ini di beri julukan sumber nyonya.Memang aliran sungai ini berasal dari sumber di sekitar  perbukitan,hal ini terlihat dari beningnya sungai di sepanjang aliran sungai tersebut.

Untuk menuju ke sumber nyonya ini masih minim informasi ataupun papan petunjuk ke sumber nyonya ini.Hanya saja terdapat satu papan petunjuk kecil di pinggir jalan raya saat hendak memasuki desa gunung sari.Berjarak 21 km dari pertigaan purwodadi serta kondisi jalan yang terbilang mulus sehingga dapat di tempuh selama 40 menit dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.
Rute menuju ke sumber nyonya:
Jika dari arah surabaya arahkan kendaraan anda ke kebun raya purwodadi , nah kalau sampai disana anda tinggal lurus saja sedikit hingga menemukan pertigaan pertama lalu belok kiri dan mengambil arah ke nongkojajar.Anda tinggal lurus saja mengikuti satu-satunya jalan raya tersebut dan saat memasuki kecamatan tutur terdapat pertigaan pertama yang di tengah jalan terdapat tugu kecamatan tutur.Dari pertigaan tersebut terdapat papan petunjuk , jika belok kanan anda akan menuju ke bromo, namun anda harus mnegambil arah belok kiri menuju ke wisata bukit flora.Namun 200 meter sebelum sampai di wisata bukit flora terdapat pertigaan yang di terdapat sebuah masjid di pinggir jalan raya,nah di pertigaan tersebut terdapat papan petunjuk kecil dengan tulisan "air terjun sumber nyonya",ikuti saja jalan masuk tersebut menuju ke desa gunung sari.Selanjutnya anda tinggal mencari kantor sekretariat kelompok tani gunung sari dan disitu terdapat pertigaan kecil dimana jalan berupa jalan paving yang tidak terlalu lebar.Setelah memasuki gang tersebut anda tingga mencari rumah Pak kasun gunung sari karena disitu kita bisa menitipkan kendaraan dan sudah disediakan lahan parkir yang cukup luas.Karena belum di kelola sebagai tempat wisata oleh pemerinta jadi untuk retribusi masuk masih tergolong gratis hanya saja kita wajib membayar parkir kendaraan kita sebesar Rp.5000 saja.
Nah selanjutnya di lanjutkan tracking melewati hutan pinus yang sangat asri dan menurun ke bawah menuju ke aliran sungai.

Pertama kita akan di sambut oleh sebuah air terjun yang paling bawah sendiri dengan memiliki ketinggian sekita15 meter dengan suasana yang sangat asri karena terdapat pepohonan di kanan kiri air terjun yang sangat rimbun
sumber nyonya 3
 Puas menikmati panorama di bagian paling bawah kita bisa melanjutkan ke bagian paling atas sendiri untuk menuju ke bagian utama.Medannya tidak terlalu sulit karena sudah terdapat jalan setepak yang lumayan bagus,namun setelah sampai di atas air terjun ke 3 ini , kita harus menyusuri sungai yang lumayan jauh karena jarak antara air terjun utama dengan air terjun ke tiga sekitar 200 meter.
Air terjun tingkat dua memiliki ketinggian sekirtar 7 meter dengan dua aliran air terjun yang sangat cantik,sedangkan air terjun utama memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan di latar belakangi bebatuan yang sangat megah membuat sumber nyonya ini semakin eksotis.
sumber nyonya 2
sumber nyonya 1

Air terjun sumber nyonya ini tergolong masih sepi akan pengunjung meskipun itu weekend.Hanya saja kita akan menjumpai para pecinta alam atau warga setempat yang berkunjung ke air terjun ini.Jika di perhatikan oleh pemerintah mungkin tempat ini sangatlah potensi untuk di jadikan sebagai tempat wisata,karena selain memiliki keunikan air terjunnya tempat ini terbilang sangat asri dan alami sehingga cocok untuk dijadikan alternatif tempat untuk menghilangkan penat.
Untuk fasilitas umum tidak ada apalagi warung yang berjualan makanan seperti di tempat wisata pada umumnya.Jadi saya sarankan untuk membawa bekal sendiri dan jangan lupa untuk tidak membuang sampah kalian disini demi menjaga kelestarian alam.

0 Response to "ke asrian di air terjun sumber nyonya "