pantai gatra yang eksotis

Kesunyian Pantai Gatra

pantai gatra
      Pantai kini memang menjadi jalur alternatif para wisatawan untuk mengahbiskan akhir pekan atau hanya sekedar berlibur dari rutinitas sehari-hari.Banyak dari mereka yang berbondong-bondong mencari sebuah destinasi yang memiliki keindahan yang bisa memanjakan mata.Salah satu yang kini menjadi sorotan para pelancong yaitu Kota malang ,Memang kota malang ini selain terkenal dengan pusat kulinernya para wisatawan, kota ini juga mempunyai  beberapa  destinasi keren yang kini mulai dilirik akan keindahannya,salah satunya adalah sebuah pantai yang keberadaannya tersembunyi serta memiliki panorama yang memanjakan hati adalah pantai gatra.

Pantai gatra adalah sebuah pantai cantik yang terletak di dusun sendang biru desa sitiharjo kecamatan sumber manjing wetan kabupaten malang. Pantai gatra tergolong pantai baru yang terletak di jajaran pantai sendang biru.Pantai ini menawarkan sebuah pantai yang memiliki pasir pantai yang sangat lembut berwarna putih dengan ombak laut yang tergolong bersahabat serta terdapat beberapa pulau karang kecil yang berada di tengah laut membuat pantai ini semakin eksotis.Jernihnya air laut serta landainya ombak di pantai membuat siapapun akan tak sabarkan menceburkan diri ke dalam laut untuk menikmati  segarnya air laut yang sangat menggoda.

pantai gatra malang

Berjarak 73 km dari kota malang menuju ke selatan,bisa di tempuh dengan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum selama 2 jam perjalanan dengan konstruksi jalan yang sudah dibilang sangat bagus.Hanya saja saat memasuki kecamatan sumber manjing wetan jalurnya naik turun bukit dengan kanan kiri berupa jurang yang terjal.Untuk menuju ke pantai gatra , dari kota malang menuju ke arah gadang-Bululawang-Turen , selanjutnya ikuti saja arah ke pantai sendang biru.Nah , saat 1 km sebelum sampai di pantai sendang biru terdapat sebuah pertigaan, jika kita lurus berarti ke pantai sendang biru, tapi kita harus belok ke kanan menuju ke arah pantai clungub karena di pertigaan tersebut sudah terdapat papan petunjuk arah ke pantai clungub ataupun gatra.Saat mulai memasuki jalur  lingkar selatan kita akan menjumpai perempatan pertama  dan disitu terdapat papan petunjuk ke TPI atau pantai clungub maka beloklah kiri menuju ke arah tersebut dan memasuki perkampungan warga sendang biru.

Jangan khawitir tersesat karena sudah terdapat papan petunjuk di setiap jalan.

Pantai ini terletak bersebelahan dengan pantai sendang biru dan di kelola oleh bhakti alam sendang biru yang anggotanya warga sekitaran pantai.Saat sampai di pos masuk kita akan di data oleh petugas dari barang yang kita bawa nanti ke pantai.Hal ini dilakukan karena termasuk area konservasi hutan magrove demi menjaga kebersihan tempat ini.Untuk retribusi masuk kita akan di kenakan biaya Rp.5000/org.Pos utama ini merupakan satu-satunya pos jika kita hendak berkunjung ke beberapa pantai seperti pantai clungub,tiga warna ,mbangsong dan pantai gatra ini.jadi jika anda berkunjung kesini ,anda bisa menjelajah beberapa pantai cantik namun tergantung fisik anda. Dari pos utama di lanjutkan tracking 1 km menuju ke pantai gatra.Di tengah perjalanan kita akan melewati hutan mangrove yang sangat indah dan terjaga kelestariannya serta melewati satu pantai cantik yaitu pantai clungub.
mangrove pantai clungub
pantai clungub
   Pantai clungub ini sangatlah indah dan menjadi alternatif untuk beristirahat sejenak setelah tracking yang lumayan,Ombak yang landai serta panorama hutan mangrove di kanan kiri membuat tempat ini terkesan eksotis.Namun pantai clungub ini hanya ada saat ombak sedang pasang dan jika menjelang sore atau ombak mulai surut ,di pantai clungub ini tak akan terisi air sama sekali.Untuk menuju ke pantai gatra masih membutuhkan tracking sekitar 10 menit melewati bukit di sebelah pantai clungub.Dan setelah sampai di Gatra kita akan disambut oleh sebuah pantai yang memiliki keindahan yang membuat siapapun akan terpesona dengannya.Lelahnya perjalanan tadi seakan terbayar disini,sebuah pantai yang mempunyai pasir pantai yang lembut dengan gugusan pulau karang kecil di tengah pantai serta ombak yang landai akan membuat siapapun bersyukur jika sampai di tempat yang indah ini.
Kebersihan pantai ini sangatlah terjaga dan selalu menjadi sorotan para petugas pantai,Hal ini memang dilakukan untuk menjaga keasrian area konservasi ini.Dan barang siapa yang tidak mentaati peraturan yang telah di terapkan disana maka akan kena sanksi dari petugas.
pantai gatra
     Selain menikmati dengan hanya memandang keindahan pantai gatra ini , disini kita juga melakukan aktifitas lain seperti bermain cano di area pantai ataupun  bersnorkling atau berenang di pantai dengan peralatan yang telah disediakan oleh petugas pantai seperti pelampung,masker dan valve dengan tarif yang sangat terjangkau.Atau jika kita ingin bermalam dan camping disini juga bisa tapi harus izin kepada petugas terlebih dahulu, ya maklumlah pantai gatra ini merupakan area konservasi.
Untuk fasilitas umum disini sudah terdapat kamar mandi umum , namun untuk warung yang berjualan makanan tidak akan kita temui disini,jadi jika anda berkunjung kesini bawalah makanan sendiri,tapi ingat jangan sampai anda membuang sampah kalian di sekitar pantai atau anda akan kena sanksi dari petugas.

1 Response to "pantai gatra yang eksotis"