pantai gua cina malang

                                                          Pantai Gua Cina Malang


          Kabupaten malang memang menyimpan banyak sekali potensi wisatanya termasuk pantai-pantainya yang masih jarang terekspose.Kali ini saya membahas saat liburan pada tahun 2013 yang lalu ke sebuah pantai yang masih belum terjamah oleh manusia dengan memiliki keindahan yang sangat eksotis yaitu pantai Gua Cina.jika anda berlibur ke pantai sendang biru yang sudah lebih dahulu populer maka sempatkanlah untuk berkunjung ke pantai gua cina ini yang letaknya sangat dekat hanya berjarak 4 km dari pantai sendang biru.

           Pantai gua cina adalah sebuah pantai yang terletak di dusun Tumpak awu,desa sitiarjo kecamatan sumber manjing wetan kabupaten malang.Pantai ini menawarkan keindahan dengan karakteristiknya tersendiri mulai dari hamparan pasir laut berwarna putih bersih dipadu dengan beberapa pulau kecil di depan bibir pantai dengan ombak khas pantai selatan yang sangat besar membuat kita seakan menemukan surga kecil di malang selatan ini.Dahulu pantai ini disebut dengan pantai rowo indah, namun karena telah terjadi peristiwa kematian seorang petapa asal dari cina di dalam gua membuat nama rowo indah kalah populer dengan Gua cina.

        Pada tahun 2013 lalu ,pantai ini masih jarang ada pengunjung yang datang kesini,mungkin di karenakan akses jalan masuk kepantai berupa jalan makadam bebatuan sepanjang 800 meter dari Jalur lingkar selatan.terlebih lagi jika musim hujan jalan ini semakin sulit saat di lewati.
pantai gua cina yang masih alami
      Karena masih tergolong sepi pengunjung suasananya serasa di  pantai sendiri ,kita akan di manjakan oleh pasir putih membentang luas yang sangat halus dengan beckground 3 pulau kecil cantik yaitu pulau bantengan , pulau gua cina dan pulau nyonya membuat rasa capek kita setelah bersusah payah melewati medan yang lumayan ekstreem akan terbayar akan keeksotisan pantai gua cina ini.

    sesuai namanya pantai ini memiliki gua yang menjadi daya tarik tersendiri.Terletak 50 meter dari bibir pantai dengan kedalaman 8 meter yang menjorok kedalam dengan ketinggian sekitar 2 meter di atas pulau karang. tidak seperti gua pada umumnya yang memiliki keindahan stalagmit ataupun stalagtit ,hanya ruangan kosong yang tidak terlalu lebar dan bisa di masuki kira - kira 5 orang saja , jadi tidak heran jika kita mau menikamti sensasi di dalam gua ini harus bergiliran masuknya.


    Rute untuk menuju pantai ini , 
dari kota malang berjarak 76 km dan dapat di tempuh dengan kendaraan pribadi selama 2.5 jam dengan konstruksi jalan yang sudah beraspal mulus meski kita harus naik turun bukit beberapa kali saat memasuki kecamatan sumbermanjing wetan.Dari kota malang arahkan kendaraan anda ke Gadang-bululawang-Turen lalu ikuti saja arah ke pantai sendang biru karena hanya pantai itu yang dekat dengan Gua cina.
setelah memasuki desa sitiarjo dan berjarak 1 km dari pantai sendang biru, kita akan menemukan pertigaan serta papan petunjuk ke beberapa pantai , jika kita lurus menuju sendang biru dan pulau sempu sedangkan jika kita belok arah kanan itu yang menuju pantai gua cina dan pantai di sekitarnya mengikuti JLS yang mulai di bangun.
Untuk retribusi masuk kita akan di kenakan biaya Rp.5000/orang dan Rp.3000/motor serta Rp.5000/mobil untuk parkir kendaraan.
Dengan harga yang relatif murah tak sebanding dengan apa yang akan di suguhkan di sana.
maka dari itu kita harus turut serta untuk menjaga serta merawatnya.

pantai gua cina
      Di Pantai ini terdapat beberapa spot untuk bisa menikmati atau mengabadikan moment karena setiap sudutnya mempunyai keindahan tersendiri.
di bagian paling timur  kita akan langsung berhadapan dengan samudra hindia sehingga ombak disini relatif lebih besar tapi berjarak sekitar 50 meter terdapat dua pulau yang menghiasi pantai ini
pantai gua cina bagian timur
dan di bagian paling timur ombaknya juga sama besarnya tapi terhalang oleh satu pulau cantik yang berdiri kokoh di tengah laut sehingga aman untuk bermain di tepian pantai.
terlebih lagi di bagian paling barat ini adalah spot terbaik untuk menikmati panorama sunset.

pantai gua cina bagian paling barat
selain populer dengan keberadaan guanya yang fenomenal serta karakteristik pantainya yang sangat mempesona, Pantai ini juga memiliki fenomena alam yang langkah yaitu terjadinya gelombang air laut yang bersimpangan yang tidak karuan dari tiga arah ( selatan , timur dan barat ) ,arus gelombangnya selalu bertabrakan di depan pulau bantengan dan pulau nyonya sehingga memunculkan bunyi ombak yang bergemuruh. besarnya ombak di pantai Gua cina ini tidak ada satupun perahu nelayan yang bersasandar disini. 

namun di tahun demi tahun tempat ini mulai menjadi salah satu destinasi wajib jika berkunjung ke malang di kalangan traveller terlebih lagi dengan menjamurnya postingan di media sosial akhirnya pantai gua cina yang dulunya sangat sepi kini menjadi ramai setiap harinya terlebih menjelang wekend. banyak wistawan dari luar kota untuk berlibur serta menikmati pantai yang indah ini.
Dan disini sudah terdapat berbagai macam fasilitas umum mulai dari kamar mandi,WC,serta banyaknya warung yang berjualan di sepanjang pantai.

nah gimana sahabat,
masih ragu dengan pantai - pantai di daerah malang,
jika kita menyusuri setiap sudut pantai kita akan menemukan pantai yang sangat indah dan alami seperti pantai gua cina ini.
yuk berlibur ke malang di jamin kagak mau pulang .



2 Responses to "pantai gua cina malang"

  1. alhamdullilha informasinya sangat membantu sekali sebelum berangkat menuju ke pantai gua china dengan rombongan akhirnya bisa mengetahui info pemandangan disana, trims sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya @chaline dada estiana gmn kmren berlibur kesananya pasti dijamin seru

      Delete